Apa Kabar Masa Depan Saya?

oke this is my first crush on May.
and maybe this is the start of my messy future.

kalian tau kan saya bener2 pgn belajar komunikasi?
bener2 belajar, bukan cuma mau formalitas.
saya bener2 pengen jadi Aisyah Khairunnisa Sarjana Komunikasi,
saya pengen jadi jurnalis atau reporter,
itu cita2 saya, yang walaupun baru kepikiran sejak setaun terakhir, tapi saya yakin itu tujuan hati saya.

tadi siang, guru di tempat les saya, baru nyuruh anak2 buat nulis: whats your dream on 5 and 10 years later?
dan gue dengan mantap nulis semua itu. dengan luwes menghayal apa yang akan saya lakukan dan perjuangkan.
dan sejak dorongan dari pelajaran sang guru tadi sore, gue janji bakal berkorban mati2an buat Komunikasi UI.

tapi, ternyata, dengan mudah, ibu saya, mematahkanya.
bgitu cepat.

**

malam ini saya akan memilih 3 pilihan jurusan untuk UMB.
dan beberapa hari yang lalu saya sudah sabar menanti tanda2 dari Tuhan tentang apa yang sebaiknya saya pilih, selain komunikasi.

ibu saya, dan mungkin beberapa ibu-ibu yang lain, sangat menginginkan anaknya masuk akuntansi.
ini baru saya ketahui sebulan terakhir.
saya kira ini hanya masukan dari dia untuk pilihan jurusan cadangan.

tapi ternyata 47menit yang lalu, saya baru sadar, ternyata AKUNTANSI adalah benar2 pilihan terpilih dari beliau.

Bu, mending akuntansi UNJ atau UIN?
"UIN aja, deket"
Oke. terus yang ketiga apa ya bu? Sastra Indonesia UI atau Komunikasi UIN?
"yaa Komunikasi UIN aja.."

beberapa kalimat berlalu, yang menunjukan kalau saya pasti bisa dapet di pilihan kedua atau ketiga..
bukan untuk sombong, cuma mau meyakinkan kalau saya lebih tertarik dengan jurusan2 tadi daripada jurusan lain, atau sekolah tinggi yang menawarkan sekolah tanpa biaya.

saya tau, tanpa biaya pasti sangat membantu.
tapi, saya sungguh mau mengejar cita2 saya.
bukan cuma mau ngisi hari2 setelah saya lulus SMA dengan SESUATU.


"yaa ibu sih tetep prioritas ke akuntansi"
tapi aku tetep mau komunikasiii..
"tapi lapangan kerjanya dikit!"
tapi aku suka!
"kalo suka tapi lapangan kerjanya dikit buat apa?"
ya pasti ada lah, pasti ada jalannya buu..

lalu om saya mulai ngomporin.
dan jantung saya beranjak panas.
saya tau emang lebih besar peluang dari jurusan2 yang ibu saranin untuk dapet kerja.


pernah suatu saat.. .

Bu, aku Sastra Indo aja ya.
"ga sastra Inggris aja?"
aku gak suka bu..
"ya gapapa, nanti juga bisa"
tapi kalo akunya udah ga niat gimana?
"ya di niatin lah"

oh... sungguh. saya benci kata2 itu.
bu, kalo ibu sadar pasti ibu tau,
kalo aku bukan tipe orang yang bisa kemanaaaa aja.
bukan orang yang kemauanya bisa di geser2 lagi.
aku suka ngejalanin apa yang aku suka.
dan kalo aku suka, itu bakal ngebuat jadi mudah.
kalo dari pertama udah ga ada niatan kenapa harus dipaksa.
aku bukan orang yang ky gitu bu..
(entah ini pikiran saya yang benar, atau saya salah. karena saya belum tau kenyataanya nanti akan jd gmn klo saya masuk jurusan yang sy ga suka)

bu, dari pertama, guru, temen, orang2 bilang, "cari jurusan yang kamu suka. karena kalo kamu suka, sesusah apapun itu, kamu pasti mau jalanin."

dan beberapa lagi bilang, "HARUS FOKUS"

tapi ibu gak bisa bikin aku fokus.
aku pengen batalin pendaftaran STAN karna aku mau ngejar komunikasi.
tapi ibu bilang jangan, coba aja.
buat apa buuu?itu malah jadi pikiran buat aku.
kenapa sih ibu ga percaya sama aku kalo ini loh cita2 aku.
kenapa ibu ga bisa support CITA2 Ais?
aku mau jadi jurnalis, ibu juga pasti tau kan aku suka bilang kaya gitu di depan tv?
aku tau peluang kerjanya ga seindah akuntansi, tapi aku suka. aku mau.

aku pikir, perjuangn aku selama ini, dateng les akhir minggu yang mengoyak jam senang2 aku, dan sekarang masuk les tiap hari, ikut try out berkali2, CUMA BUAT KOMUNIKASI UI, dan aku pikir ini hebat, aku pikir ini bisa buat ibu bangga, TERNYATA ENGGA. SIASIA kan?
ternyata yang bisa bikin ibu bangga harus mengoyak masa depan aku?
ngerusak pilihan emas dengan memilih jurusan emas mu?

jujur aku sering berdoa sm tuhan kalo aku pengen banget buat ibu bangga.
tapi apa ini jalanya?
jawaban dari beberapa shalat istikharah aku?

SAKIT.
sungguh.
Tuhan, Engkau pasti tau.
aku cuma ga yakin Engkau sebegitu teganya.

dan sekarang apa?
masih mau berjuang buat komunikasi?
yang akhirnya kalo misal kamu dapet, kamu ga akan bikin ibu berbangga ria?

***
maaf ya saya bener labil.
saya gatau sekarang harus milih apa.

Komentar