Bercinta di Udara





Papa Alfa Charlie Alfa Romeo
Mengajakku gombal di udara
Memang cinta asyik dimana saja
Walau di angkasa
Hahaha..






Sepenggal lirik lagu Fardi Hardja (Alm.) berjudul "Bercinta di Udara" sore ini akhirnya memuaskan rasa ingin tahu saya tentang lagu yang nge-hits saat radio amatir menjadi tren chatting di Indonesia.

Berawal dari cerita Dosen Produksi Berita Radio saya, Mbak Endang Sulistiowati yang bilang bahwa zaman dulu (sekitar tahun 1960-an), frekuensi gelombang radio berantakan. Jadi kadang siaran radio, obrolan antar-pengguna walkie talkie/handy talkie (HT), dan saluran telepon berebut masuk ke gelombang yang sama.

Misalnya, saat beliau sedang asyik mendengar lagu di salah satu stasiun radio, pernah secara tiba-tiba lagunya terganti dengan obrolan sepasang kekasih yang frekuensinya masuk ke gelombang radio tersebut. Dan mereka unyu-unyuan, didengar dosenku yang saat itu masih kelas 2 SD dan langsung dimarahi ibunya karena denger yang ngga-ngga. Hihi. Lucu ya. Sayang, gak sempet ngerasain pengalaman itu sekarang. Paling juga yang lucu kalau salah sms atau salah telpon doang.


Sampai akhirnya gelombang radio ditertibkan tahun 60-an. Untuk radio komersil di frekuensi 87 - 108 Mhz (Mis: Mustang Radio 88 Mhz). Sedangkan Organisasi Amatir Radio (ORARI) dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) punya frekuensi sendiri juga, jadi obrolannya ga bocor lagi ke publik ya :p

Terima kasih untuk musisi yang karyanya merekam zaman, sehingga kita bisa tahu seperti apa media sosial pada zaman 60-90an. Kayak kita asik chatting di MiRc / Live Connector di tahun 2000-an kali ya.

Nah, ini dia lirik lengkap Bercinta di Udara karya Farid Hardja yang rilis pada tahun 1983. Lagunya kece loh!
Kalau mau donwload, monggo di sini:



Bercinta di Udara

Berkenalan nama samaran
Lewat gelombang radio
5 9 7 3 angka untuk kamu
Ber QSO lalu cherio
Cup ah cup ah cup ah cup

Di udara aku menunggu
Kau panggil namaku
Kupanggil namamu

Papa Alpha Charlie Alpha Romeo
Mengajakku gombal di udara
Memang cinta asyik dimana saja
Walau di angkasa
Hahaha..

break break..

Lima Oscar Victor Echo
Apakah monitor?
Suara mesra memanggilmu
Perlu dan bercumbu



====

Kosan, hujan, abis liat twitter @Generasi90an 

Komentar