Pengalaman Melahirkan Normal + Induksi (RSIA Vitalaya Pamulang)

Induksi persalinan adalah suatu upaya stimulasi mulainya proses persalinan, yaitu dari tidak ada tanda-tanda persalinan, kemudian distimulasi menjadi ada dengan menimbulkan mulas/his. Cara ini dilakukan sebagai upaya medis untuk mempermudah keluarnya bayi dari rahim secara normal. (dikutip dari sini)

Our little family (day one after being mom and dad)


Haiiiii.. Sudah dua bulan sejak hari bersejarah untuk keluarga kecil kami. Hari di mana dua nyawa dipertaruhkan. Dan tenaga, kesabaran, kepanikan, excitement, degdegan, serta rasa mules dikuras habis.

Jadi HPL alias due date bayi kami awalnya 30 September 2016. Tapi sampai 28 September 2016 gue gak kunjung mules/kontraksi sedikit pun. Padahal udah cuti dari tanggal 20 September. Sejak cuti, di rumah lumayan sering jalan di komplek, senam hamil, tapi ga kunjung kontraksi juga.

24 SEPTEMBER 2016 (H-5 lahiran)

Kami cek lah ke RSIA Vitalaya Pondok Benda, Pamulang. Ini pertama kali ke RS ini, karena sampe 39 weeks belum juga dapet RS dan dokter yang klop di hati buat lahiran. Pertama kali cek ke dr. Imelda (satu2nya dokter cewek di sana). Pas di USG, dia temukan bahwa ari-ari alias plasenta gue udah pengapuran. Ini terlihat dari banyaknya garis2 (dia sebutnya pulau2) yang ada di ari2 ketika di USG. Plus, air ketubanku udah dikit. Gue saat itu ga ngerti apa itu pengapuran ari-ari. Tapi setelah lahiran gue baru baca artikel di alodokter ini.

"Ini sih saya sarankan induksi ya bu," kata dokter Imelda
"Kalo ditunggu sampe mules gimana dok?," kata gue yang masih pengen ngerasain kontraksi alami kayak gimana.
"Ya udah saya kasih waktu 3 hari ya. Nanti kontrol lagi. Karena udah harus intensif kalau kondisinya begini," kata dokter Imelda tanpa nada nakut2in.
"Oke dok"

Hari itu kami cek CTG untuk tahu detak jantung bayi dan gerakannya masih aktif atau ngga. Hasilnya? Masih normal, alhamdulillah  Detak jantung ada yang rada tinggi dikit, pergerakan masih sering. Gue dan suami pun pulang. Dengan harapan sebelum 3 hari itu gue akan mules dan melewati proses melahirkan secara natural.

Tiga hari berlalu, kontraksi tak kunjung datang. Pengen kontrol tapi sayangnya itu lagi weekdays, suami lagi kerja. Nyokap lagi pergi acara keluarahan yang penting. Nyokap bilang kontrolnya nanti aja weekend, jadi kalo diinduksi bisa ditemenin rame2. Plus, nyokap gue pengalaman hamil 4 anaknya, selalu lewat dari 40 minggu, selalu lewat dari due date deh pokoknya. Jadi doi selow aja.



28 SEPTEMBER 2016 (H-1 lahiran)


Tapi emang dasar naluri calon ibu. Udah hari keempat pasca kontrol terakhir, gue ga tahan juga mau cek. Takut si bayik kenapa2. Plus temen2 bilang jangan ditunda2. Cek cek aja. Jangan mikirin nunggu hari baik. Berangkatlah gue sendiri siang2 naik gojek.

Pertama kontrol ke bidan jam 12.00 siang. Bidan Vivi saat itu bilang belum ada pembukaan sama sekali. Jadi bu bidan juga menyarankan induksi hari ini juga. Waduh. Mana gue lagi sendirian banget lagi. Akhirnya gue bilang, nanti tunggu suami deh. Sembari gue nunggu jam 14.00 pas dr Imelda jadwal praktik, buat dapet second opinion + USG lagi.

"Mas buru kesini, bininya disuruh induksi nih..😂" kata gue lewat telfon. Doi pun langsung izin setengah hari dan meluncurrrr.

Sambil nunggu dokter, gue tes CTG lagi. Yang mana saat itu alatnya rada error. Gue pencet pas bayi nendang, tapi ga ada tanda yang kedetect. Kzl. Tapi gue yakin si baby masih baik2 aja karena masih cukup aktif.

Pas ke dokter jam 14.30an, laki gue udah sampe. Ternyata dr. Imelda semakin menekankan gue untuk induksi

"Ini semakin mengapur ari-arinya. Dan air ketubannya juga makin sedikit, nanti kalau makin dikit malah ga bisa induksi lagi. Bisanya sesar loh," kata dokter setelah USG.


Wah. Dagdigdug hati hamba. Mengingat omongan orang2 kalau induksi itu lebih sakit rasanya. 

"Ada orang yang udah diinduksi berkali2 ga mules2 juga. Ada juga yang baru diinduksi sekali langsung mules dan lahir. Beda2," kata bu dokter. 

"Tapi kalo induksi sekarang, kira2 bisa pulang lagi gak ya dok nunggu mules di rumah?" kata gue.

"Ngga, kalo udah induksi, harus dirawat. Besoknya insya Allah keluar RS udah bawa bayi," jawab sang dokter.

Jengjenggg!

Kalo gue inget2 saat itu kayaknya gue yang emang belum siap 100% menghadapi hari H. Jadi nyali gue ciut, masih pingin nego bisa besok2 ga? Padahal alasan untuk induksi udah kuat. Akhirnya dengan penuh kebimbangan, di ruang kontrol kita sempet bilang "oke deh bismillah induksi".


Keluar ruangan, gue sama lakik gue masih bimbang bambang deh di depan registrasi. Tapi akhirnya mantap jiwa juga bahwa: ya ini udah saatnya ketemu si bayik. Dan langsung check in ruang rawat pake asuransi kantor.

SAATNYA INDUKSI ....

Setelah pil induksi pertama masih bisa foto2

Abis checkin, kita dikawal perawat untuk masuk ruang rawat inap. Gue dipersilakan pipis dulu, karena abis diinduksi, harus tiduran dulu sekitar 2 jam. Supaya pilnya ga keluar dan efek induksi optimal. Setelah pipis dan siapin hp serta camilan deket kasur, saatnya mbak suster masukkin pil induksi. 

Jadi induksi itu ada yang bentuk pil, ada yang infus. Nah karena gue belum ada pembukaan sama sekali, dan untuk melunakkan jalan lahir, jadi dikasih yang bentuk pil, dimasukkin ke vagina. Tiap pil akan dimasukkan lagi per 6 jam. Itu kalo ga mules2 juga sampe pil ke-4, baru diinduksi lewat infus, kata dokternya.

Jam 16.30 pil induksi pertama dimasukkin. Dah tuh, gue tiduran manis sambil woro2 ke keluarga terutama nyokap bahwa gue udah dimasuk RS dan memutuskan induksi. Nyokap, adek + tante om gue langsung ke RS malemnya. Karena gak ada rencana bersalin saat itu, gue gak bawa persiapan apa2 selain tas pergi gue. Walhasil suami akhirnya pulang untuk ambil tas yang udah gue siapin untuk dibawa saat mau lahiran. Plus, gue kasih list makanan + minuman untuk perbekalan ngemil di RS. Karena temen2 gue bilang, pas udah menjelang lahiran, makan yang banyak. Meski lagi mules, tetep makan. Karena nanti butuh tenaga besar..


Jam 19.00 (2.5 jam setelah diinduksi), gue belum juga mules, tapi ada flek cokelat dikit di CD gue. Dan gue merasa nyeri-nyeri dikit di perut kayak mau dapet. Tapi ga nyeri buanget. Cuma samar2 aja. Kadang dateng nyerinya, kadang ngga. Gue sesekali jalan-jalan di lorong RS.. Bahkan masih sempet naik turun tangga buat jalan-jalan sama adek + suami beli nasi goreng di sebelah RS. Siapa tau makin banyak jalan, makin cepet brojolnya.

Jam 22.30 (6 jam setelah pil induksi pertama) sejumlah perawat masuk ke kamar. Nanya gimana progressnya. Gue bilang, baru nyeri2 kayak mau haid aja sus. Terus dicek dalem deh. udah ada belum pembukaannya. Dibilang sih baru pembukaan satu. "Oke, berati ada progress," dalam hati gue. Setelah cek dalem, suster masukkin lagi pil induksi kedua. Setelah ini, gue diminta tidur, untuk ngumpulin tenaga. Nyokap dan tante gue pun akhirnya pulang. Tinggal gue berdua sama suami. Sejak itu gue mencoba untuk tidur.

Jam 23.00 (6,5 jam sejak awal induksi) mulailah rasa mules/hiss/kontraksi itu datang. Gue selama haid sebelum hamil, hampir gak pernah nyeri haid yang banget-buanget. Paling nyeri pas hari pertama haid, terus dibawa tidur, langsung baik lagi pas bangun.

Nah ini gue pas lagi tidur, baru banget tidur bentar, tiba2 mules. Mulesnya rasanya kayak nyeri pas haid. Tapi pada level makxxxxxxxsimal. Muwwwwlesss banget. Nyerriii nyerii nyeri pokoknya deh.

Jadi di sepanjang 28 Sept malam itu gue fix susaaaah tidur. Padahal badan capek dan mata ngantuk. Tapi gimana bisa tidur. Tiap 1-2 menit bangun karena kontraksi/nyeri. Gue sengaja simpen hp di kasur. Untuk liat gue kontraksi per berapa menit.

Nyerinya berlangsung kurang lebih 1 menit. Setelah itu reda dengan durasi 1-2 menit (ini nyoba tidur). Abis itu muwwllles lagi dengan durasi semenit (kebangun deh). Terus reda lagi 2 menit. Terus muleeeess lagi, reda lagi, mules lagi, reda lagi. Udah gituuuuuuu aja terus sampe pagi..

Begitu mules datang, gue cuma bisa narik napas panjang sambil istigfar dan baca2 doa. Segala posisi udah gue coba untuk nahan nyerinya. Terlentang, tidur miring, tidur miring meringkuk, berdiri, bungkuk, berlutut di sofa, duduk, segala macem..

Jadi kalo orang bilang induksi lebih sakit daripada lahiran normal (yg natural gitu), hmm, gue gatau juga. Karena ini anak pertama, lahiran pertama, dan belum tau rasanya melahirkan dengan proses natural kayak gimana. Tapi mungkin yang disebut sakitnya induksi itu karena kontraksi/mulesnya langsung tiap 2 menit sekali. Frekuensi mulesnya padet banget. Dengan durasi yang cukup lama (1 menitan gue rasa cukup lama ya untuk nahan nyeri. Asli deh.)

Laki gue karena capek juga mungkin ya abis kerja dan nempuh perjalanan jauh dari rumah (Tangerang Selatan) - kantor (Jakarta Utara) - RS (Tangerang Selatan) - rumah - RS, doi masih bisa tidur di sofa pas gue udah mulai mules.


29 SEPTEMBER 2016 (D-DAY)

Sampe pada jam 01.00 atau 02.00 pagi, gue udah bosen nahan nyeri kontraksi di kamar, tanpa ada temen. Mau bangunin lakik gue, tapi kok kasian capek banget kayaknya. Jadi gue jalan2 lagi tuh di lorong RS yang sepi. Kalo pas lagi mules, gue duduk di bangku lorong. Sampai akhirnya gue samperin meja perawat di lantai itu. Kosong. Gue manggil2 suster yang harusnya jaga. "Mbak.. mbak..". Doi keluar dari ruang rawat yang kosong, deket meja perawat. Kayaknya baru bangun gitu, panik, ada yang manggil2. Terus dengan muka doi yang lagi ngantuk, gue langsung semprot sama curhatan..

"Mbak aku mules banget nih. Sampe ga bisa tidur. Gimana ya?"
"Emang gitu bu kalau diinduksi. Ibu coba tidur aja ya.. Simpen tenaganya," kata mbak suster.

Duh padahal gue pengen ada yang nemenin pas mules2.. Ngasih semangat apa gimana gitu. Kasih tips n trik.. Tapi doi malah nyuruh tidur.. Yowes gue balik kamar lagi. Lakik gue akhirnya bangun juga, untuk kemudian solat tahajud.

Setelah itu dia nawarin gue cemilan. Gue coba minum susu dan makan roti. Tapi hueeeek! itu semua keluar lagi ga lama setelah gue makan. Selama hamil gue ga pernah muntah muntah sekalipun. Akhirnya muntah2 juga saat menjelang persalinan. Mungkin karena mulesnya itu kali ya, atau baby nendang2 ke lambung karena lagi kontraksi atau apa.

Jam 05.00 pagi, suster masuk lagi untuk cek dalem, dan hasilnya? Masih pembukaan satu. Haaahhh?? Gue mules se-intens ini masih pembukaan satu? Huhuhuu

Sampai pagi jam 06.00 gue coba makan lagi, muntah lagi. Gue telfon nyokap lah, curhat, buk ini kenapa mules banget ya? Nyokap cuma bilang kalau induksi memang gitu.. Huhuhuuu. Setelah call cuma 53 detik, terus gue tutup. Gue udah ga kuat banget untuk terus mules-mules begini.


"Sampai kapan gue mules kayak gini? Gue udah ga tahan" dalam hati gue. Akhirnya gue melakukan gerakan squat yang biasa di senam hamil kayak gini:


Hasilnya?
Gak lama setelah sejumlah squat, gue merasa muwles yang luarbyaasak! Sampai gue bungkuk2 di sofa. Dan pipis tak tertahankan. Alias pecah ketuban. Yaaak! Ternyata ini rasanya pecah ketuban. Saat itu suamik gue langsung lari keluar kamar dan teriak "Sussteeerr.. Istri saya udah mules bangeett!!"

Dan seketika suster masuk bawa kursi roda. Gue langsung dibawa turun naik lift ke ruang bersalin. Gue sempet2nya pula sebelum keluar kamar, ganti baju kemeja biar gampang dibuka nantinya. Eh taunya mah pas di ruang bersalin dibuka lagi itu kemeja, ganti kayak baju pasien itu. 

Sepanjang lari2 ke ruang bersalin, suster bilang "jangan ngeden dulu ya bu. Tahan ya bu". Pas lift kebuka di lantai 1, gue inget banget ada 3 orang di depan lift yang rada shock liat gue teriak karena nahan ngeden. Engghrrrhhh!!!

Masuk ruang bersalin, jam 06.30an. Abis digantiin baju pasien, paha gue dibekep dua suster. Supaya ga ngeden dan ngangkang. Gue lemes pisan. Udah muntah2 ga bisa makan, ga bisa tidur semaleman, kontraksi makin hebat, daaaann ga boleh ngeden karena masih harus nunggu bidan. Alamak.

Kontraksi abis pecah ketuban ini tapi rasanya beda. Kayak sekujur pinggul ke bawah itu kuenceeeng banget. Rasanya kayak si baby ndesek2 mau keluar. Aduh nahan gak ngedennya itu warbyasa. Gue sampe sesekali ga kuat dan ngeden, tapi suster buru-buru bilang "jangan ngeden dulu bu, nanti vaginanya bengkak karena belum pembukaan 10"

Terus gue nanya sambil ngos2an "emang sekarang pembukaan berapa sus?". 
"Baru tujuh" doi jawab. 
Tapi ini suster gimana tau gue udah pembukaan berapa? Orang gue masuk ruang bersalin langsung dibekep.. Ga diperiksa dalem. Dalam hati gue merasa ini udah full pembukaan 10, tapi harus nunggu bidan aja baru boleh ngeden.

"Bidannya udah di mana sus?"
"Udah di jalan kok," kata susternya. Dan pas kontrol untung gue sempet nanya rumah bidannya di mana. Kalo dikira2 naik mobil jam 6 pagi sih 20 menit bisa lah sampe. 


Dan selama gue nunggu bidan dateng, ada dokter yang masuk ruang bersalin. Tapi dia cuma nanya "ibu pake kacamata ya?"
Lakik gue langsung bilang "Iya, tapi gpp kok, udah dicek ke dokter mata katanya aman untuk melahirkan normal"
Dah, tu dokter keluar lagi abis ngobrol dikit sama suster. 
Gue langsung nanya,
"Sus ga bisa ya saya lahiran sama dokter itu tadi aja?"
"Ga bisa bu.. Itu dokter cuma ngecek kok" seinget gue gitu jawabannya. 

Dan pas gue checkin buat induksi itu emang sempet ditanya dan diminta tandatangan nanti mau bersalin sama siapa. Dokter kandungan yang namanya siapa, atau bidan Vivi. 
Gue jawab  "yang mana aja bu yang pas lagi jaga (iya dong, biar aman gue ga harus nunggu2 gini)"
Tapi ternyata ga bisa dong, gue tetep harus milih sama siapa. Lah gimana deh?? Apa karena pake asuransi jadi begini? 
"Yaudah sama bidan aja" kata gue dengan pertimbangan insya Allah lancar dan gue kuat bisa bersalin normal.

Pikiran itu sempet terlintas di benak gue, kenapa ga ada bidan jaga (kalau dokter kandungan kayaknya jarang ya yang 24 jam gitu). Sambil mikir tentunya gue sambil atur nafas tiap semenit sekali karena kontraksinya makin sering. Gue udah remes2 tangan suster, tangan suami gue, sambil keluarin nafas teratur "ffuuhh fuuhh fuhh" dari mulut. Atau kayak orang kepedesan "haaahh haahh haahhh" sesuai yang diajarin di kelas senam hamil. Tapi asli, meski udah tau teorinya, pas hari H, kalo ga dituntun suster untuk nafas fuhhfuhh hahh hahh mungkin gue juga lupa gimana cara nahan ngedennya. So, thankyou banget mbak2 suster.


Suami gue sesekali minumin gue teh anget pake sedotan supaya ada tenaga. Karena gue udah mulai ngantuk, lemes banget, sampe sesekali gue merem. Tapi langsung dipuk-puk pipi gue sama suami. 
"Jangan merem yang, Jangan tidur.." 

Sampai akhirnya jam 07.30an bu bidan datang juga. Tepat satu jam saya, suami, sang bayi yang udah ngebet mau keluar, dan para suster menunggu. Abis bidan dateng. Suster langsung nyiapin peralatan melahirkan yang ditaro di samping kasur buat bikin kaki saya ngangkang. Terus kalo seinget gue, suster kasih suntikan di bokong kiri. Abis itu apa yang bu bidan lakukan di bawah sana saya gak ingat betul. Cuma masih inget bu bidan gunting miss V gue dan gue diminta ngeden. 

YESSSHH AKHIRNYA NGEDEN JUGA. IT'S TIME! NGHHHH!!!
"

Dan gue merasa bayi gue langsung keluar dengan sekali ngeden. Saat itu gue ga yakin banget. Karena rasanya tegangggg terus di bawah sana. Serius cuma sekali ngeden doang keluar? Tapi memang berasa ada rasa plong dikit. Gue coba ngeden lagi (padahal ga disuruh). Bidannya langsung panik "eh udah udah bu jangan ngeden lagi". Eh ternyata emang bener my baby K udah lahir.
"Bayinya mungil yaa..' kata bidannya gitu. Bayi gue memang beratnya cuma 3 kg pas, panjangnya 48 cm.

Sejak itu gue udah ga kontraksi hebat lagi. Gue masih terus baca-baca sebisa gue apapun itu, istighfar, ayat kursi, sebut nama Tuhan sebanyak-banyaknya. Tapi sesaat setelah ngeden gue khawatir.

"Yang, bayi kita kok gak nangis sih?" kata gue. Tapi gue tau bidan lagi ngapa-ngapain anak gue di bawah sana. 

Terus laki gue juga kayaknya bingung mau jawab apa dan cuma bisa ngintip2 dikit ke arah bidan (doi juga ngilu pasti mau ngeliat hahaa). Dan gak lama, ternyata setelah bidan bersihin saluran nafasnya, akhirnya pecah juga tangis si bayik perempuan kesayangan.. Oooeekkk. Beuh denger suara bayi yang baru gue lahirin, itu rasanyaa... PYASSS! Langsung pecah tangis haru gue. Suamik yang liat gue nangis jadi ikut nangis juga. Huhuu selalu pingin nangis kalo inget momen2 itu ;") 

Dan abis dibersihin dan dipotong tali pusarnya, bayi gue diletakkan di dada. Duh ini masa-masa IMD (Inisiasi Menyusui Dini) adalah masa terindah setelah denger suara tangis genduk mungil kesayangan. Gue sama laki gue senyum sumringah lebar banget pas liat si mungil geliat2 di dada gue. Emang dasar emaknya bawel. Gue ga bisa berhenti manggil2 anak gue "hai anak pinter, anak solehah.. kesayangan ibuk sama ayah.. lalalala"

Terus suster langsung nge-cut ocehan gue dengan bilang "diadzanin dulu ya pak. Adzan di telinga kanan. Qomat di telinga kiri". Duuuh denger suami gue, imam keluarga kesayangan lagi adzan, dan liat anak gue uget2 diadzanin gue cuma bisa senyum teruss.. Dan ternyata suami ga nangis pas ngadzanin. Cukup nangis tadi pas denger suara tangisan pertama baby K.

Seteleh itu gue diminta ngeden satu kali lagi (untuk ngeluarin ari-ari kayaknya). Dan suami gue diminta keluar, karena proses jahit menjahit akan dilakukan (rawr, kalo inget soal jaitan gue masih ngilu hanya dengan mengingatnya hihii).. Tapi alhamdulillah anak bayik udah di dada gue. Ngeliatin dia yang baru datang ke dunia itu rasanya udah menutupi rasa sakit gue. Plus, suntikan anestesi sebelum ngeden tadi membantu banget gue rasa. Hehehee


Sekitar 15 menit setelah jait-menjahit selesai, yang gue juga gatau ada berapa jaitan.... nyokap dan suami gue masuk ruang bersalin. Sama-sama nonton anak bayik geliat2 nyari puting ibuknya. Tapi akhirnya nyokap gue nuntun baby K ke puting, karena si bayik ga nemu2 puting. Hahahaa. Padahal IMD katanya biar bayinya aja yang nyari putingnya sendiri. Tapi ya sudahlah, yang penting skin to skin contact with my baby. 

Satu jam IMD selesai, sang bayik pun dibawa untuk dibersihkan dan dibawa ke ruang bayi. Gue dimandiin dengan cara di-lap sama suster. Setelah itu pakai baju ganti yang nyokap bawa (untung aja nyokap bawa, laki gue mana kepikiran buat bawa dari kamar saat itu). Untuk kemudian dibawa lagi ke kamar naik kursi roda. 

Setelah itu, di kamar, bukannya tidur karena udah begadang dan abis brojolin anak, gue malah ga bisa tidur. Saking excitednya pingin liat anak bayik. Gue langsung minta nyokap dan suami bilangin ke suster di kamar bayi supaya baby K segera dibawa ke kamar rawat. Dan kata nyokap, mertua, dan suami gue, di ruang bayi, anak gue nangis kejer banget. Mungkin dia kangen dipeluk ibuknya lagi. Hehehu. Dan alhamdulillah karena bayi gue ga kenapa-kenapa, dan ga kuning, setelah rapi cakep, doi datang deh ke kamar sekitar jam 10an. 

My sweety pie. Welcome to our world, baby

Hari kedua kehidupannya. 30 September 2016

Gue baru tau juga kalo meski RS udah sediain baju dan perlengkapan bayi lainnya selama kita ada di RS, dan sudah termasuk paket persalinan, tapi itu baju gak kece banget. Hahahaa ya iyalahya. Baju punya RS dan udah dipake sama berapa bayi? Jadi kumel gitu.

So enakan kita ngasih baju, bedongan, sabun mandi, topi, dll gitu di bawah kasur babynya untuk nanti dipakein sama perawatnya pas mandiin bayi. 

====

Jadi gitu deh pengalaman gue melahirkan normal dan induksi. Jadi kalau dirangkum, gue diinduksi sejak 15 jam sebelum melahirkan. Total mules2nya (yang langsung intens 2 menit sekali itu) sekitar 10 jam.

Dan denger cerita orang ada yang melahirkan normal tanpa jaitan itu ngiri banget. Hehhee karena pasti ga akan ngerasa sakit sampai 3 minggu setelah melahirkan (kayak yang gue rasain). Tapi emang guenya juga gak banyak olahraga atau olah otot miss v pas hamil, mungkin memang sudah takdirnya dijait.

Di kehamilan dan persalinan pertama ini, gue tak bisa henti-hentinya bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan yang Maha Baik, Maha Pemberi Kekuatan, gue bisa melewati proses persalinan normal yang bisa dibilang cukup singkat dan lancar. Serta ga harus ngeden sampai berjam2. Alhamdulillah..

Dan ini adalah sisa baby-bump gue setelah lahiran. Masih kayak hamil 8 bulan hehehe

Sip sekian curhat panjang gue, sekalian menjadi catatan kalau nanti anak gue udah besar dan mau tau bagaimana proses dia dilahirkan ke dunia. Hheheeu Selamat menanti persalinan bagi yang lagi hamil, semoga lancar dan selalu disehatkan sekeluarga.

Yangti - Ibuk - Khanza - Ayah - Om

With love,
SonAis

Komentar

  1. mba, mau nanya dong, kalau di vitalaya emang lahirannya sama bidan ya? ga sama dokter spog nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba.. punten banget aku baru buka blog lagi.. kalo di Vitalaya bisa milih lahiran sama bidan atau sama spog. Harganya cuma beda sekitar 500 ribuan.

      Hapus
  2. maaf mba, mau tny klu pake bpjs bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum pernah coba mba pakai BPJS. Mungkin bisa ditanyakan dulu ke RS nya bisa atau ngga, telfonnya 021- 7497179 . Semoga lancar

      Hapus
    2. Update:
      Baru dapet info dari tetangga yg kontrol ke Vitalaya, di sana belum bisa pakai BPJS. Sayang yaa

      Hapus
    3. Kemarin (sabtu 23/12/2017) aku sempet tanya mengenenai BPJS di RSIA Vitalaya, ternyata dr pihak rs'nya sedang melakukan/mengurus utk bekerjasama dgn BPJS'nya, jd smp saat ini BPJS blum bisa dipergunakan di rs tersebut

      Hapus
    4. Semoga cepet bisa kerja sama dengan BPJS.. aamiin. Makasih updatenya mas ei

      Hapus
  3. Assalamu'alaykum.. Mba AisKhairun, aku baru sebulan ini pindah kontrol ke RS Vitalaya. Berdasarkan tulisan pengalaman Mba, bener ternyata RSnya nyaman n dr Imelda pun cukup ramah. Makasih ya dr tulisan mba, aku jd terbantu utk cari info ttg RS ini. Rencana mau lahiran disini juga. Insyaa Allah ini lahiran anak ke3. Anak ke1&ke2 secar. Jadi kemungkinan anak ke3 ini jg siap2 akan secar. Udah minta pricelist lahiran juga, tapi kmrn pas tanya2 ke bag resepsionis & kasir, estimasi penambahan biayanya berapa dr pricelist, belum dpt jawaban yg jelas.
    Kalo pengalaman mba Ais, kmrn pas lahiran total biayanya jadi nambah brp persen kira2 dr pricelist yg ada mba?
    Oiya hpl ku in sya Allah Desember. Semoga mba Ais ada waktu sempat jawab sebelum aku lahiran ya.. makasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam mbak sirly, alhamdulillah kalo tulisanku bermanfaat dan bisa membantu mommy. Semoga lancar ya mba sampai lahiran. Di postinganku yang sebelah (jadwal dokter vitalaya) ada juga yang bilang dr. Samad rekomen. Hehhee tapi beliau cowok sih.

      Kalo pengalamanku, pas lahiran normal dengan bidan (di pricelist 4,5 - 5 juta).
      Terus aku nambah induksi 2 pil + nambah nginep 1 malam, aku dapat tambahan biaya Rp 800 ribu di atas harga pricelist. Aku abis Rp 5,8 juta

      Hapus
  4. Cerita yg sangat bingit seru... lutju & penu rasa (haru) kebahagiaan....
    thx's mba untuk itinerary perjalanan (proses) kelahirannya, scara insya alloh istri saiya yg tinggal menghitung bulan (insya Alloh maret 2018) adalah hari kelahiran debay jg berencana memilih di RSIA Vitalaya, semoga bs berjalan lancar dan Normal tentunya....
    dan semoga baby K menjadi anak yg solehah, kelak menjadi ahli ibadah, selalu berbakti pd orang tua, berguna untuk agama dan orang2 disekitarnya
    aamiin yaa robbal alaamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii alhamdulillah ada yang baca. Sama-sama Mas Ei. Semoga lancar persalinannya yaa.. Siap2 tangannya diremes2 istri pas mules2 hehee. Aaamiin makasih doanya mas. Semoga anak mas Ei jadi anak soleh/solehah, bermanfaat bagi orang lain dan berbakti pd orag tua.

      Hapus
  5. Aku jadi terharu bacanya sampe mau netesin air mata, mudah2an aku bisa lahiran normal, aku juga tiap kontrol di rs vitalaya tp sayang belum bisa pake bpjs kemarin pas kontrol tanya2 masih dalam proses. Makasih buat sharingnya mbak.. Smoga baby k jadi anak yg membanggakan keluarga amin.

    BalasHapus
  6. Lagi ragu mau pindah rs dari rs umum di bsd ke rsia vitalaya. Liat tulisan mbak yg seru jadi pengen buru buru cek up kesana untuk tau pastinya sprti apa rs tsb. Makasih ya mbak curhatan nya,buat say yg lg galau gini curhatan mbak bermanfaat hehe Semoga saya cocok sama dr or bidan dan rs nya. Krna di rs sebelum nya saya kurang cocok sama dr nya.
    Oiya mbak mau tanya kalo pake asuransi kantor sprti apa alur nya?

    BalasHapus
  7. MashaAllah pengalamannya sama..saya induksi pil dan infus..total 28 Jam..😁😁

    BalasHapus
  8. mba yang wajib dibawa ke rs apa aja ya? buat ibu dan bayi nya

    BalasHapus
  9. Induksi Persalinan memiliki berbagai risiko. Bahkan, induksi persalinan tidak selamanya bekerja dengan baik. Saat induksi persalinan tidak bekerja pada Anda, Anda mungkin membutuhkan metode induksi lainnya atau harus melakukan operasi caesar. Selain itu, induksi persalinan juga dapat berlangsung lama, terutama jika leher rahim Anda belum siap. Hal ini mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman dan gelisah.

    BalasHapus

Posting Komentar