Perawatan Pompa ASI Spectra 9+ dan Kenapa Pompa Tidak Berfungsi

Halo, ini dia yang pernah saya alami beberapa kali selama perjalanan perpompa-ASI-elektrik-an selama 14 bulan ini.. Jadi dari anak saya 1 bulan, saya memang sudah mutusin untuk beli Pompa Spectra 9+. Dan seperti yang saya pernah ceritain di postingan sebelumnya, saya pernah sewa Malish Ilaria 2 minggu, tapi ga jadi beli itu akhirnya karena gak bisa kalo gak nyolok listrik..






Nah setelah merasakan perjalanan merah-memerah ASI selama 15 bulan terakhir bersama Spectra 9+, saya punya beberapa pengalaman yang nyebelin, sedih, rada dodol, tapi happy juga. Hihii..




MERAWAT POMPA ASI SPECTRA 9+

1. Valve


Udah tau dong kalau valve bawaan Spectra yang putih ini sangat rapuh dan mudah sobek seperti hati para  remaja? Nah, mencucinya juga harus hati-hati moms, karena kalo ga, itu lobang yang di ujung bakal gampang robek. Gue udah merasakan ganti valve spectra 2x (2 pasang), karena robek. Yang menurut gue harga valve nya tuh lumayan. Rp 40 ribu 1 pcs alias Rp 80 ribuan sepasang. Untuk sekecil inih.. huuft aku awalnya rada terkejoet..

Nah, robek kayak gini.. Foto dari: @andhiniseptiani 




Untuk itu, Spectra lewat Ingstagram-nya udah ngepost tutorial cara mencuci valve spectra yang baik dan benar dan bikin valve Insya Allah lebih awet. Ini dia:





VALVE ALTERNATIF SPECTRA 9+ (VALVE BIRU)

Nah. Terus karena udah capek ganti-ganti valve lagi, akhirnya aku menemukan valve baru untuk pompa Spectra 9+ ku. Yaitu, valve biru alias blue valve yang kata penjual di online shop, valve ini tidak masuk ke Indonesia. Tapi hanya dijual di Singapura & Malaysia. Makannya di instagram resmi @spectrababyidn gak pernah di post valve biru ini.. Ini dia penampakannya:



Dan sepengalaman gue setelah make valve biru ini selama 6 bulan terakhir, ini valve memang jauh lebih kuat dan lebih mudah dibersihin. Harganya? Rp 165 ribu - 220 ribu (tergantung seller-nya), saya survei di IG dan shopee & tokopedia ada. Meskipun harganya 2x lipat valve putih, tapi ini sangat rekomen untuk dibeli, karena kita jadi ga repot hati2 bersihin valve, rajin ngecek teliti udah robek apa belom dan ga rentan rusak. Jadi kekuatan hisapannya optimal.




Cara bersihin valve biru ini? Saya sih selalu saya lepas putih2nya, dan saya sikat dalamnya, karena saya pernah ngasih ke mbak buat cuciin selama seminggu, taunya ga doi lepas dari corongnya. Eh pas gue cek, banyak putih2 menggumpal dalamnya (di balik warna putihnya), karena ASInya menggumpal jadinya kali ya.. Gitu. Jadi stay clean buat anak bayik tercinta yaa moms 



OHYA 


Kalo mommy lagi buru-buru mau mompa eh taunya pompa ga nyedot.. Itu bisa jadi mommy lupa pasang valve! Hahhaaa terdengar sangat oon bukan? Ya, tapi itu pernah terjadi sama saya. Wakakakaa.. Untung waktu itu diem-diem aja mikir sendiri, kalo udah komplen ke suami "kok ga bisa nyedot" tapi taunya gue yang belom pasang valve, mungkin suami gue akan ngikik dan:





Oke, lanjut ya..





2. Backflow Preventer

Ini salah satu item yang sepengalaman gue pernah rusak & hilang. Rusak gara2 ujungnya yang kecil itu patah, pas tas Gabag gue jatoh.. Dan hilang pas dimainin anak gue.. Huhuu

Nah, untuk merawatnya kadang gue juga nyuci backflow preventer ini. Karena suka ada kotoran yang masuk pas disimpen di tas. Yang penting adalah cara masangnya jangan sampe salah, biar pas mompa bisa berfungsi dengan baik. Cara pasangnya udah di-post di IG spectra seperti berikut ini:





3. Selang 

Selang menjadi salah satu item yang tidak boleh dicuci. Katanya sih gitu. Karena kalau di dalam selang ada air, nanti air bisa masuk ke mesin, jadinya rusak deh wassalam. Tapi gue pernah kok nyuci selang, tapi gue pastikan sampe keriiing banget dalemnya.

Nah biasanya kalo selang udah lama jadi melar dan suka copot-copot. Ternyata ada caranya biar selang sempit lagi dan ga gampang copot. Yaitu, DIGUNTING UJUNGNYA DIKIT. Kayak di video ini:






4. Mesin

Jadi pompa asi Spectra saya ini udah sering banget jatoh karena kelalaian saya #huhuhuu. Padahal kalo diinget-inget, ini hompa harganya sama kayak smartphone yang lumayan kece. Rp 1,8 juta!

Pernah suatu saat mesinnya jatoh. Terus gak nyedot lagi, panik deh gue. Akhirnya sang suamik dengan obeng plus (+), ngebongkar mesinnya dan ternyata selang dalemnya copot. Yang menghubungkan mesin dengan tube selang (yang gue lingkerin merah di gambar). Walhasil disambung lagi (gampang kok) dan bisa working properly lagiiii horeeeee!

Wah, suamiku sangat kang servis yhaaaa...
Rasanya ingin:




Oke, sekian dulu sharing pengalamanku merawat pompa ASI elektrik Spectra 9+. Semoga membantu

Salam,
Ais




Komentar

  1. Wahh mba, hr ini aku panik dikantor, pompa asi spectra 9+ sy nga nyedot disela pumping time..semoga nga rusak nih spectra..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus gimana mba? Udah ketauan karena apa?

      Hapus
  2. Assalamualaikum, mvak makasih bgt postingannya sungguh terbantu sekali, Karen sblm kerja ni pompa kebanting pas dipake kok ga mau ngisep, ya ampun udah mau nangis kbayang kalo rusak gimana. Beraniin diri buat bongkar dan pasang karetnya alhamdulillah, it works bahagia sekali. Makasih banyak deh mbak, oiya punyaku 9s.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Wah alhamdulillah kalo berfungsi lagi. Semoga lancar pumpingnya.. :D

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Halo sharing cara steril pompanya dong. Apakah harus disteril terus setiap selesai pakai?
    Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mbak Ninis. Salam kenal..
      Kalau saya sehari cuma 1-2 kali mensteril botol pompa.
      Biasanya kan mompa 2-4 jam sekali, nah abis mompa, botolnya dan corongnya aku simpan di plastik bersih (yg diganti tiap hari), dan disimpen di kulkas/cooler bag. Kadang ga aku bilas air, kadang aku bilas air aqua dulu. Jadi mencuci dan sterilnya baru sore/malem. Itupun ga aku streril di mesin/direbus di panci, tapi aku isi air panas dari dispenser sampe penuh, trs air panasnya dibuang. Voila, langsung siap dipake lagi. Hehee..

      Tapi kalau aku lagi rajin, siang2 aku cuci dan steril.. Pokoknya aku selalu berpikir (dan pernah baca) bahwa ASI itu kan isinya air juga, maka dari itu nda apa kalau air panasnya sisa steril ga usah di-lap dan dikeringin pake tisu/kain..

      Hapus
  5. Mba, pompa spectra 9+ punyaku udh pemakaian hampir 2 tahun, kok beberapa hari ini kalau dicas cepet penuh (baru 15 menit udh 3 bar full), tapi baru dipakai pumping sekitar 30 menit lgsg habis yaa, itu kira2 knp ya mba? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba. Wah sama banget kayak aku.. Menjelang 2 tahun pompa spectra 9+ ku juga batere-nya eror.. Padahal penuh, tapi pas dipake tanpa nyolok langsung habis dalam 5-10 menit. Walhasil mompanya harus sambil nyolok listrik 😭😭😭

      Kayaknya emang dia masa hidup baterenya cuma kuat 2 taun kali ya? Apa karena pompaku sering jatoh/dicas kelamaan? Huhuu.. syedih kirain bisa awet buat invest untuk anak2 selanjutnya..

      Hapus
  6. Mesin pompa spectra saya batreinya kembung, ada yang jual ga ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba, kalo boleh tau pompanya udah berapa lama dipake? Aku juga pompanya menjelang 2 tahun batere-nya eror.. Padahal batere penuh, tapi pas dipake tanpa nyolok listrik langsung habis dalam 5-10 menit. Walhasil mompanya harus sambil nyolok listrik huhu

      Nah soal yg jual baterenya dimana aku kurang tau mba. Di googling juga ga nemu :(

      Hapus
    2. Halo mbak, saya anak pertama pake pompa asi spectra 9+ ampe 2,5 th trus berhenti 1 tahun (karena hamil anak ke 2, dan dalam 1 thn ini tdk saya cash sama sekali) trus waktu lairan anak ke 2 ini, alhamdulilah saya oakai lagi bisa pompa nya. Dan normal pemakaiannya. Anak ke 2 saya skg umur 3 bulan. Lah ini baru hari ini, pompa saya di cash tdk bisa. Sedihnya, aoalagi baru ktmu paksu besok. Semoga bsk bisa lagi, sementara saya pakai manual dlu. 😊

      Hapus
  7. hai mbak. pagi ini tiba² pompaku gak mau nyala. td nya lg dalam keadaan nyala dan sedang expression. awalnya suara mesinnya kayak macet² tp ttp menghisap. beberapa x suara macet, lgsg mati. batere masih full. knp ya mbak?

    BalasHapus
  8. Malem bak...
    Mw tanya nih,pompa spectra pya istri saya daya hisapnya yg 1 kurang,yang 1 normal.
    Di valvenya ada robek dikit sama seperti foto d atas.
    Apa karena valve nya ya?

    BalasHapus
  9. Hallo mba, aku penasaran nih, masih punya foto yg d bongkarnya g? Yg tidtidak ketutupan busa item.. pengen liat dalemannya

    BalasHapus
  10. Siang mba ....

    pas saya baru pakai 2 minggu , rasanya kadang kok sakit ya pas pompa , apa saya salah setel powernya ?

    BalasHapus
  11. Brsan mau pumping tp kok gaa ngisap pompa nyaa ... sambil nunggu penasaran mungkin posisi ga pas berkali kali sy cb masih ga ke isap juga .. mesin pompa kedengeran jg aneh dr biasa nya .. Langsung sy gooling kira2 masalah dimana .. mau cb bongkar sendiri takut salah .. Gmana yaa? Mana stock asi udh menipis 😥

    BalasHapus

Posting Komentar