Pengalaman Hamil Ektopik (Hamil di Luar Kandungan) 6 Minggu

Sore itu jalan raya ramai meskipun masih PSBB di Tangsel & Depok. Kami meluncur di atas dua roda menuju rumah sakit yang cukup baru di kawasan Sawangan, RSIA Brawijaya namanya. Pelukan di atas motor sambil mengelus-ngelus perut dengan muka bahagia karena baru aja makan bakso dan tentunya karena 2 hari lalu aku udah testpack 2x dan hasilnya positif. Sumringah aja bawaannya.

Makin seneng karena ternyata RS nya sepi. Gak perlu banyak ngantri. Suasananya juga cozy. Kami datang pukul 16.30 WIB dan mendaftar sebagai pasien baru untuk konsultasi ke dr. Severina Adella. Nama dokter ini optimis aku pilih setelah melihat beberapa review di komen blog-ku dan beberapa blog ibu-ibu lain.

Tiba saatnya kami masuk ruang poli. Dokternya ramah banget. Kita chit-chat dikit soal ini kehamilan ke berapa, apa ada mual atau ngga. Abis itu akupun tiduran untuk USG.

"Mas, videoin yaah," kata aku yang selalu gamau kehilangan momen USG. Karena itu satu-satunya momen kami bisa ngintip si bayi di dalem perut. Walaupun kami mikirnya palingan hasil USGnya cuma titik dikit atau malah item doang belum ada apa-apa.

"Iyaa.. boleh doong," kata dokter Della ramah. Suami pun langsung sigap videoin TV yang juga kutatap dengan cermat sambil tiduran.

Wah udah ada kantongnya, kataku dalam hati. Tapi kok dokternya masih sibuk nyari-nyari ya. Alat itu terus bergerak mencari ke kanan dan kiri. Seperti memastikan sesuatu, lalu kembali lagi ke sisi lain untuk memastikan yang lain.

"Lemak perut aku kebanyakan kayaknya dok, jadi susah keliatan ya hehehee," kataku bercanda.

"Enggak..." kata dokter Della senyum, lalu beliau bilang dengan nada yang lembut dan hati-hati sekali:

"Saya sudah lihat rahimnya dan saya juga sudah lihat janinnya. Ini rahimnya ya.. kita ukur berapa besarnya".

"Nah tapi si kantungnya itu ada di sini.. Jadi tidak di dalam rahim"

"Ooooh i see," aku cuma bilang gitu. Langsung ngerti dan nanya: "Ini yang dibilang hamil di luar kandungan ya dok?"

"Iya betul," kata dokter.

Suami juga sambil tetap videoin masih mencoba mencerna suasana dan kata-kata dokternya.

=== disclaimer dulu,  tulisan awal blogpost ini awalnya berhenti sampai di sini aja ditulis di April 2021. Karena cuti keguguran gak lama, dan PR kerjaan yang numpuk udah nunggu dikerjain, jadi baru kulanjut nulis di Februari 2022, setelah cuti melahirkan (beneran) hehe ===


Okay lanjut yah. Aku insert Instagram story dulu soal visual gimana hamil di luar kandungan itu:








"Jadi gimana dok baiknya," kata aku setelah kelar USG dan duduk siap dengerin penjelasan di depan dokternya.

Kemudian dokternya jelasin, jadi kalau ektopik ada sih kemungkinan dia bisa bergerak "pindah" ke rahim seperti seharusnya. Tapi ini ektopiknya di tuba falopi (yang mana sekecil isi pulpen). Jadi pergerakannya mungkin agak sulit. 

Akhirnya dr. Della suggest untuk diangkat aja janin nya, sebelum tuba falopi (yang sekecil isi pulpen itu) pecah dan jadi luar biasa sakit.

Baiklah. Akhirnya karena penjelasan dokter masuk akal dan mudah diterima akal sehat kita, akhirnya aku dan suami pulang.

Perjalanan pulang percakapan kami cukup sepi. Suami juga gak banyak ngomong, karena takut aku sedih kayaknya. 
Di motor baru deh tangis aku pecah. Bayangin upaya buat dapet garis dua setelah hampir setahun, harus pupus. Gak nyangka proses kehamilan yang kuharap lancar-lancar aja, ternyata harus berhenti di langkah awal. Aku di rumah sempat googling apa itu hamil ektopik/hamil di luar kandungan. Dan google bilang, kejadiannya langka, kurang dari 150 ribu kasus per tahun di Indonesia. 

Mulai muncul berbagai pertanyaan, kenapa kalau langka harus aku salah satunya?




====

Sampai akhirnya kita sampai rumah dan sampein ini ke keluarga. Suami langsung packing buat siap-siap besok ke RS dengan tujuan operasi pengambilan janin. 

Besoknya, *bener-bener besoknya*, aku dan suami dateng ke RS Vitalaya Pamulang untuk operasi. Seyakin itu, karena takut si janin akan semakin besar dan pecah sewaktu-waktu. Kami checkin di pendaftaran rawat inap dengan bawa surat rujukan untuk operasi KET (kehamilan ektopik terganggu).

Lalu aku tes antigen dulu, hasilnya negatif. Sembari nunggu jadwal operasi, aku update di medsos dan grup wa ibu-ibu, apa ada yang punya pengalaman serupa? Terus ada senior kampusku yang bilang, seminggu lalu ada temennya (yg juga seniorku di kampus) yang ngalamin juga. Aku langsung DM senior itu (padahal ga kenal sebelumnya) dan tanya-tanya, baiknya aku harus apa. Bedanya, kasus si seniorku, itu KET udah pecah, jadi sakit dan harus dipotong tuba falopinya. 

Pasca ngobrol dan googling, aku malah jadi RAGU apa aku harus operasi, atau aku tunggu biar janinnya siapa tau bergerak menuju kantung rahim. RAGU BANGET. Sampe aku bilang ke perawat di ruang bersalin, aku mau kontrol ke dr. Della sekali lagi, dan minta USG. 

Perawatnya rada gemes, karena tau antrian di dr. Della kan rame ya. Tapi alhamdulillahnya tetep dibantu mba suster untuk call ke poli dr Della. Setelah confirmed bisa, baru deh aku diperbolehkan ke poli obgyn. "Yuk bu, naik kursi roda ya" kata susternya. "Hah, ga usah sus, aku jalan aja," kataku karena gak ngerasa sakit apapun. 

"Harus pake kursi roda bu biar bisa nyelak masuk ruang poli, kalau ngga, nanti kita diprotes ibu-ibu yang udah ngantri." kata susternya. Hahahaha iya juga ya, aku pikir. Baiklah, masuklah kami ke ruang poli dan USG lagi. Dokter Della pas aku masuk bilang gini:

"Hayo ragu ya? Kalau aku jadi kamu pasti aku cari second opinion dulu," kata doi gitu. 
Sambil doi kasih liat lagi hasil USG, yang mana menurut dr. Della ini sulit untuk pindah, dan sebaiknya tetap diangkat.

Ini operasinya seperti operasi sesar, tapi rahim gak akan diapa-apain. Yang akan dioperasi adalah tuba falopinya, disayat, dikeluarin janinnya, terus dijait lagi si tuba falopi sekecil isi pulpen itu.

Baiklah, yasudah aku yakin aja. Balik lagi deh tuh aku ke ruang VK/bersalin/operasi di lantai 1 Vitalaya. Kemudian baru deh siap-siap di ruang operasi. 

Suster ngasih baju operasi untuk diganti, serta ngecek bulu kemaluan apakah sudah botak atau belum, kalau belum akan dibantu dicukurin. Nah di ruang itu ada 3 bed. Aku di bagian ujung kanan. Di sebelah ujung kiri dan di tengah adalah ibu2 yang mau lahiran sesar. 

Nah, sembari nunggu jadwal dr. Della ke ruang operasi, ada juga ibu2 yang lagi melahirkan normal, dan bayinya udah lahir. Seneng deh aku ditemenin suara tangisan bayi. At least ga sedih-sedih banget saat itu. 


Ruang operasi di RS Vitalaya, aku ambil dari website Vitalaya


Akhirnya dr. Della dateng nih, langsung aku yang giliran pertama operasi. Kata dr. Della
"Udah Ais dulu aja, daripada nanti dia berubah pikiran lagi. Tadi udah ragu soalnya," kata dr. Della sambil setengah bercanda.

Yuk. Bismillah. Ini kali pertama aku masuk ruang operasi. Kali pertama akan dibius dan dijait cukup besar. Dokter anestesi minta aku peluk bantal, dan mulai disuntik bius di punggung. Mayan berasa.... 

"Ini ibunya KET tapi kok masih ketawa-tawa ya? Gak ada sakit-sakitnya kayaknya," kata salah satu perawatnya. Ya pak, belum pecah soalnya KETnya. Ehehehee...

Abis disuntik bius itu seketika kaki aku kebas, tapi masih ngerasa sih kaki digeser-geser. Kemudian, mulai deh tuh operasinya. Aku juga gak inget betul berapa lama, sekitar 20 menit mungkin in total proses dari bius sampai jait-menjait selesai. 

Kemudian aku dikembaliin bed di ruang tunggu yang pertama (di pojok kanan). Setelah operasi rasanya DINGIIIN banget, sampe menggigil aku. Bener-bener deh, padahal aku udah selimutan, dan aku ga tidur di bawah AC langsung. Ternyata itu efek obat biusnya.

Aku operasi kalau ga salah jam setengah 4 sore. Sekitar sejam setelahnya aku masih di bed ruang tunggu operasi, udah berasa sakit, efek biusnya udah ilang. Bener2 sakit, ngilu rasanya. Belum lagi ditambah aku yang mengigil kedinginan, rasanya double kill. 

Sampai akhirnya satu per satu orang yang operasi dikembalikan ke kamar. Tapi anehnya aku -yang giliran operasi pertama- malah dikembaliin ke kamar di giliran terakhir. Biusku udah ilang. Aku nangis2 pas dipindah dari satu bed ke bed lainnya. Bener-bener nangis sampe perawatnya bilang "bu, atur napas ya bu, ini biusnya kayaknya udah abis". 

Gabisa euy. Mau atur nafas juga sakitnya gak mereda. Sampai akhirnya keluar ruang bersalin, suami ngikut ke dalam lift dan ternyata bokap dan keluarga juga udah ada di ruang rawat inap. 

Di situ aku ga bisa senyum sama sekali. Cuma nangeeeessssss dan meringis kesakitan. Apalagi pas sampe kamar inap, aku lagi-lagi harus dipindah bed. YA ALLAH. Tobat...tobat.

Suasana di kamar inap jadi sepi-diem-dieman karena aku yang full nangis dan meringis. Sumpah sakit bgt. Kayak ga bisa gerak sama sekali, cuma bisa tiduran aja. 

Aku nginep di RS 3 hari 2 malam. Waktu itu ambil kamar VIP / Ruby B, biar bisa sendiri. Karena lagi masa-masa covid juga kan, agak takut kalau sekamar sama strangers. 

Bingung juga nginep tapi berdua suami doang. Gak ada bayi -kayak terakhir kali kami nginep di RS yang sama empat tahun lalu-. Sepi, bosen, sakit, kerjaan masih neror, bener-bener masa-masa horor dalam hidupku. Aku kayaknya disuruh belajar tidur miring kanan kiri besoknya, dan belajar duduk juga. Tapi rasanya ampunnnn... ngilu beud.

Sampai akhirnya di hari ketiga aku pulang, kayaknya lumayan deh operasi KET itu menghabiskan belasan juta. Aku lupa di angka berapa. Tapi ga lebih dari Rp 15 juta. ((Ampun, jangan sampe begini lagi...)). Sebelum pulang perban di perut diganti yang tahan air, katanya bisa mandi pakai perban itu. Aku pun turun ke lobi didorong pakai kursi roda karena buat jalan masih sakit. Di rumah dibekelin antibiotik, obat pereda nyeri, dll.

Sejak operasi, aku kan tetap nifas ya, jadi rahimku beberapa kali merasa kontraksi. Rahim mengecil dan ada gumpalan-gumpalan darah yang keluar. Di rumah bahkan rasanya sempat sakiiiiitttt banget kontraksinya, sampai pengen balik ke dokter lagi. Tapi ternyata itu karena mau ada gumpalan darah yang keluar. Bener-bener sedap ngilunya. 

Seminggu kemudian aku kembali ke dr. Della buat cek jaitan dan buka perban. Alhamdulillah jaitannya udah kering, dan aku udah bisa jalan pelan-pelan.

Setelah itu, dr. Della bilang, kalau mau hamil sebaiknya nunggu sekitar satu tahun dulu biar recovery total. Tapi semisal dikasih rezeki anak sebelum satu tahun pun, ya sudah, insya Allah gakpapa. Duh alhamdulillah banget deh bisa ketemu dr. Della yang santai, afirmasinya positif, dan gak nakut-nakutin. 

======

Setelah hamil dan operasi hamil di luar kandungan/KET/ektopik, aku alhamdulillah dikasih lagi hamil 1 tahun setelahnya. Sebelumnya? selalu keluar di dalam waktu HS, tapi emang belum dikasih sama Allah SWT. 

Waktu tau positif, aku langsung segera ke dr. Della lagi untuk cek apakah akan terjadi lagi hamil  di luar kandungan? Karena kalau udah pernah KET, kemungkinan hamil nyasar lagi lebih besar. Makanya aku takut banget. 

Alhamdulillah setelah dicek, si janin kali ini ada di dalam kantung rahim dan berdetak normal.
dr. Della dan dokter kandungan lain bilang, abis operasi KET bisa tetep normal kok. Karena rahimnya kan kemarin gak terluka. 

Tapi yang aku rasain, hamil setelah operasi KET itu, pinggul kiri aku sakitttt bgt. Apa ya, aku merasa jaitan dalemnya si tuba falopi ngilu banget keteken rahim yang semakin membesar. Walaupun dokter2 bilang itu ga ada hubungannya, tapi itulah yang aku rasain. 

Kalau penasaran akhirnya aku melahirkan normal atau gimana setelah KET? Seharusnya bisa normal, tapi aku memilih dan disarankan tetap sesar. Kenapa? Yuk kita bahas di next post aja yah.. Hehehheu udah kepanjangan soalnya.

Sekian ceritaku di hamil kedua yang akhirnya tidak berakhir sukses. 
Semoga bermanfaat. 
Sehat2 ya semuwah!

Xoxo, 
Ais.

- Diselesaikan 25 Feb 2022 -

Komentar