Al-quran Digital

"Karena kamu hanya mempunyai tiket 1 jurusan pulang-pergi: Akhirat-Bumi dan Bumi-Akhirat"


Assalamualaikum wr. wb
Dengan kesadaran tinggi bahwa saya belum pernah menyinggung hal-hal selain kesibukan DUNIA di blog saya ini, maka kali ini dengan niat tulus dan dipicu oleh rasa cinta saya pada Tuhan yang Esa dan agama yang baik ini (bukan agama terbaik, karena jika terbaik, berarti masih ada agama-agama baik lainnya), saya akan sedikit membocorkan aplikasi yang pada dasarnya akan sangat mendekatkan kita kepada Tuhan, dan sangatlah mudah diterima di zaman digital seperti dewasa ini: Al-quran Digital.

Sebenarnya saya masih sangat skeptis dengan keakurasiannya. Dan sialnya saya belum punya waktu untuk mencocokannya dengan kitab Al-quran.

UNDUH AL-QURAN TERJEMAHAN BAHASA INDONESIA DISINI

Link diatas ini, merupakan versi Al-quran digital dengan terjemahan Bahasa Indonesia. Kemudahan dalam mengakses dan mencari materi--yang tentunya akan sulit jika kita baca lembar-per-lembar kitabnya-- di sajikan secara sistematis oleh aplikasi ini. Tapi jangan lupa tetap memakai adab membaca Qur'an ketika membaca Alqur'an Digital ini.




Adab Membaca Quran
1.Disunnahkan berwudhu
2.Menghadap kiblat
3.Ada sikap penghormatan hatiuntuk :
a.Mengagungkan dan memuliakan Al-Quran,
b.Membenarkan dan meyakini
c.dan berniat mengamalkan Al-Quran
d.berniat untuk menyampaikan/mengajarkan lagi kepada orang lain

4.Memilih tempat yang bersih

5.Disunnahkan membaca Ta’awwudz pada permulaan bacaan.
Firman Allah :
“Apabila kamu membaca Al Qur'an, hendaklah kamu meminta perlindungan
kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.” (Q.S. An-Nahl : 98)

6.Sebagaimana memulai setiap perkataan dan perbuatan yang baik yang lain,
maka memulai membaca Al-Quran pun dengan membaca Basmallah.

7.Sabda Nabi SAW :
“Setiap perkara (amalan) yang tidak dimulai dengan membaca
Bismillahirrahmanirrahiim, maka terputus berkahnya (bagaikan anggota
badan yang terkena kusta) (H.R. Ahmad, Nasai, dan Ibnu Mardawaih)
8.Membaca dengan tartil dan tajwid yang benar
9.Berusaha untuk menangis atau pura-pura menangis
10.Membaca dengan suara merdu
11.Boleh membaca jahar (dikeraskan) tetapi lebih baik dipelankan (terdengar oleh
sendiri)
12.Memenuhi hak-hak Al-Quran
13.Tidak memotong bacaan dengan kegiatan lain
14.Al-Quran ditaruh di tempat yang dialas tinggi
15.Tidak menjadikan Al-Quran untuk bantal.



Doa dan Adab membaca Quran
Setelah membaca Quran , bacalah doa berikut:

Allahumma rahmana bil qurana wa …. imaamaa wanuuraa wa hadii wa rahmah. Allahumma
….. wa ‘alimnii minhuu maa …. wa razaqna ……… rabbul’alamiin.

“Ya Allah, rahmatilah aku dengan (barakah) Al-Quran. Jadikanlah ia pimpinan bagiku,
cahaya, petunjuk dan rahmat. Ya Allah, ingatkanlah aku dengan (melalui) Al-Quran apa-
apa yang aku terlupa; ajarkan kepadaku melaluinya apa-apa yang aku tidak tahu; berilah
aku kefahaman dari pembacaannya pada waktu malam dan tepian siang. Jadikanlah dia
bagiku hujjah, Ya Tuhan semesta alam.” (H.R. Abu mansyur dari Abi Dzar ) 




********

Komentar