Dompet Ramah Di Akhir Bulan



     Akhir bulan biasanya dompet mulai dilanda kemarau. Di awal bulan kita biasa menghambur-hamburkan uang dengan membeli barang-barang yang tidak terlalu penting. Tapi di penghujung bulan, ketika dompet mulai menipis dan digit saldo tabungan di bank makin berkurang, kita terpaksa harus mengirit.

      Nah, ini ada beberapa tips mudah yang bisa kita lakukan untuk bisa tetap senang di akhir bulan
  1. Membuat Harta Karun
    Pada saat awal bulan, atau saat dimana dompet kita menyimpan banyak uang yang berjumlah lumayan besar, ambil lah dua-tiga lembar uang dengan ominal Rp 20.000, Rp 50.000, ataupun Rp 100.000 untuk disimpan di tempat-tempat tersembunyi. Seperti di sela-sela ruang dompet, selipkan diantara kertas-kertas kartu nama atau surat tagihan yang kita simpan, atau di dalam lemari yang tempatnya tersembunyi. Jadi jika suatu saat kita butuh uang darurat,  betapa senangnya kita akan menemukan uang yang masih tersisa. Tapi hati-hati, tips ini bisa gagal jika kita lupa dimana tempat kita menyimpan harta karun tersebut. 
  1. Investasi ke orang-orang terpercaya
    Ketika uang sedang subur berada di dompet kita, jangan ragu untuk membantu sahabat atau orang tua kita yang sedang membutuhkan uang. Pilihlah orang-porang terpercaya yang bisa dijadikan lahan piutang. Supaya ketika kita membutuhkan uang, mereka tidak merasa cuek  dan bisa membantu kita di saat yang benar-benar dibutuhkan. Tapi tentu lain halnya jika kita membantu orang-orang terdekat itu dengan sukarela dari awal, ingatkan saja kepada mereka ini adalah bentuk “investasi” kita yang pada akhirnya bisa kita ambil kembali 
  1. Bawa uang secukupnya
    Kemanapun kita pergi, jangan biarkan banyak uang cash ada di dompet kita. Karena alam bawah sadar kita akan merasa tenang jika melihat banyak uang yang masih tersimpan di dompet. Akhrinya, dengan tenang juga kita mengeluarkan uang-uang itu untuk hal-hal yang tidak terlalu perlu 
  1. Bawa bekal makan dari rumah
    Meski terdengar sedikit kekanak-kanakan, ini merupakan cara yang sangat ampuh bagi kita untuk mengirit. Selain mengurangi pengeluaran makan siang, kita tidak harus pergi kemana-mana untuk bisa makan. Cukup buka lunch box, dan kenyang. 
  1. Pulang pergi tidak sendiri
    Jangan terlalu sering membawa kendaraan sendiri walaupun itu membuat mobilitas jadi lebih mudah. Menebeng teman bisa jadi hal yang membuat dompet tidak ‘bocor’, dan kita akan menghemat energi untuk menyetir. Hal inipun dapat membuat kita ramah kepada lingkunga, karena mengurangi pembakaran bahan bakar.

Komentar